Variabel

Variabel adalah komponen penting pada sebuah program komputer. Variabel mempunyai fungsi untuk menyimpan nilai atau dapat disebut sebagai konstanta. Pada bahasa C dan C++, variabel memiliki tipe yang menentukan jenis konstanta apa yang dapat ditampung oleh variabel itu. Tipe-tipe variabel pada C :

  • int
  • float
  • double
  • char

int

Variabel bertipe int bertujuan untuk menampung konstanta berupa bilangan bulat.

float

Tipe data ini dipergunakan untuk menampung data bertipe bilangan pecahan dengan tingkat ketelitian tunggal.

double

Sama halnya dengan tipe float, tipe data ini juga untuk menampung bilangan pecahan, tetapi dengan tingkat ketelitian ganda.

char

Tipe data ini digunakan untuk menampung konstanta berupa sebuah karakter tunggal.

Selain tipe dasar ini, terdapat tambahan untuk tipe yang mengubah batas atas maupun batas bawah dari rentang konstanta yang dapat ditampung oleh tipe tersebut. Tambahan yang dapat dipergunakan adalah:

  • signed dan unsigned
  • short dan long

signed dan unsigned

Dengan memberikan tambahan signed pada sebuah tipe, maka tipe tersebut akan dapat menampung konstanta dari rentang nilai negatif terkecil hingga nilai positif terbesar yang dapat ditampungnya. Jika yang ditambahkan adalah unsigned, maka variabel hanya akan dapat menampung nilai dari rentang 0 sampai dengan nilai positif terbesar.

short dan long

Tambahan ini dapat ditambahkan pada tipe int, float, dan double. Tipe ini akan mengubah rentang nilai terbesar dan terkecil yang dapat ditampung, tetapi hal ini tergantung kepada batasan yang dimiliki oleh kompiler yang digunakan.

Powered by ScribeFire.

No comments yet

Tinggalkan komentar